Nama :
Rafika Lestari
Nim : 1401415397
No urut : 32
Rombel :
10
Guruku
adalah pahlawanku yang membuat aku lebih lebih lebih baik dari sebelumnya.
Pendapat guru bagiku itu simple. "Kalau guru tidak ada, maka apa jadinya
anak Indonesia" Guru yang paling saya idolakan adalah GURU SD. Menurut
Undang-Undang Guru dan Dosen Republik Indonesia, guru adalah Guru adalah
pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan
anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah. Guru ideal adalah guru yang profesional. Guru ideal (pendapat) adalah
guru yang mampu membimbing, mengarahkan, mengajar, menilai, mendidik, melatih,
dan mengevaluasi peserta didik dengan ikhlas dari hati karena
keprofesionalannya, dan mampu mengetahui apa yang dibutuhkan peserta didik
sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, serta dapat memberikan solusi bagi
peserta didiknya yang sedang memiliki masalah. Sehingga guru ideal yang
diharapkan oleh siswa adalah guru yang mampu bersahabat baik dengan siswa.
Ciri-ciri
guru ideal : menjalin komunikasi dengan baik. guru harus dapat menjalin
komunikasi dengan baik, baik itu kepada siswa, wali siswa, maupun dengan
masyarakat sekitar Guru mengetahui perkembangan siswa. guru ideal haruslah
selalu memantau anak didiknya agar dapat menjadi mengetahui kekurangan dan
kelebihan siswa dengan baik sesuai kebutuhan. guru haruslah mengetahui semua
kebutuhan pesdik sesuai dengan tingkat perkembangannya. guru mampu bersahabat
dengan siswa dan sekaligus menjadi partner belajar bagi siswa. agar guru mampu
mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam materi pembelajaran.
selalu wibawa dan bijaksana. untuk mengantisipasi siswa yang berbuat tidak
sopan akibat kedekatan dengan gurunya, maka guru senantiasa memberikan hal-hal
positif kepada siswa agar tidak mealakukannya dan bersikap tegas serta
bijaksana kepada semua siswa. guru yang tidak pilih kasih. Anak anak itu adalah
unik. masing-masing memiliki karakternya. sehingga perlu bagi guru untuk
mengetahui semua karakter anak didiknya, sehingga guru dapat menbagi
perhatiannya kepada semua siswa. Guru ideal adalah guru yang selalu diharapkan
kehadirannya kepada semua murid. guru ideal itu adalah guru yang harus
diterapkan sejak dini yaitu GURU SD. selain guru SD guru SMP dan SMA pun harus
memiliki sifat sifat guru ideal.
Selanjutnya Peran
guru dalam pendidikan Proses pendidikan merupakann kejadian berubahnya sesuatu
menjadi sesuatu yang lain. Dalam pendidikan mutu,input dan output perlu dalam
menjalankan pendidikan yang baik untuk menunjukan proses dan kemampuan yang
dihsilkan oleh siswa dengan baik. Guru merupakan sebagai keberhasila pendidikan
yang memiliki konsep inovatif dan dapat
disesuaikan dengn kondisi lngkungan.
1. Guru
berperan sebagai konsep yaitu sebagai pemimpin yang menikuti dari belakang dan
memberi kebebasan, keleluasaan pada peserta didiknya.
2. Guru
sebagai pamong yaitu sebagai guru berjiwa kekeluargaan terhadap peserta
didiknya Dengan sikap ing garsa sang tuadha ing madya mangun karsa, tut wuri
handayani.
Dengan Bersikap Itu Guru Akan :
1. mengajarkan
budi pekerti pada anak didik yang baik dengan berusaha menanamka pengetahuan
tingksh lsku sopan santun dan tata krama yang baik. Agar anak didik mengerti
bahwa mana tingkah laku yang baik dan buruk utuk kedepannya.
2. Guru
berusaha utuk memahami dan merasakan pengetahua yng diperolehnya. Dengan cara
ii agar peserta didik dapat membedaka antara yang benr dan salah.
3. Sebagai
guru mengerjakan setiap tindakan,
tanggung jawab telah dipikirkan akibatnya berdsarkan pengetahuan yg telah
didapatkanya.
4. Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa karena
untuk arah kmajuan bangsa diemban dan dibutuhkan komitmen yang kuat,kesadaran
akan tanggung jawab keikhlasan yang dibarengi paradigma nasionalisme
pendidikan, kehidupan kebersamaan.
Tugas Guru Sebagai Profesi
1. Guru sebagai
pendidik,mengajar,dan melatih.
2. Mendidik
merupakan meeruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup.
3. Mengajar
merupakan mengembangkan ketrampilan ketrampilan pada siswa.
Peran Guru Dalam Manajemen Sekolah
guru sebagai pengajar ,
pemimpin kelas,pembimbing,pengatur lingkungan,
perencanaan,supervisor,motivator, dan konselor. Selain itu dengan caraesensial.
Yaitu dengan kondisi sekolah yang nyaman, proses belajar dan mengajar semaki
intensif dan ekstensial, sumber dan fasilitas disekolah moderen dan tercukupi.
Menejemen sekolah efektif
memiliki 5 faktor yaitu :
1. Penembangan
solidaritas pemahaman personal atau pesikologi siswa dan kebutuhan belajar.
2. Pemapanan
hubungan sitif antara guru dan siswa untuk membantu menemukan kebutuhan dasar
pesikologi siswa.
3. Pengimlementasian
metodologi pengajaran yang memfasilitasi belajar optimal dengan jaln memberi
respon kebutuhan akademik siswa dan kelompok.
4. Pengguaan
metode organisasi dan pengelolaan kelompok yang dapat memaksimalkan perilaku
tugas siswa.
5. Penggunaan
metode konseling dan peataan perilaku yang di perluas utuk membantu siswa yang
tidak tepat dalam menjawab oal ujin atau mengalami misperilaku.
Utuk mencapai efektif
guru harus merangsang diri untuk memahami variabel kontekstual yang di duga
berpengaruh terhadap evektivitas
perbuatan mengajar seperti tujuan pengajara usia anak, masalah gender tingkat
sosial ekonomi,budaya dan kapasitas kognitifnya. Dan tercerminya dalam bentuk
keberhasilan guru dalam mengkreasi lingkungan belajar secara positif untuk
memahami dan menjdikan efektif dalam melibatkan diri paa proses pengelolaan
kelas dan proses pembelajaran.
Semangat belajar ... https://semogadimudahkan.blogspot.com
BalasHapusLucky Club Casino site | Live casino website
BalasHapusOnline slots and casino games for real money. Get top casino promotions and free spins. Sign luckyclub up now and enjoy exclusive casino promotions & free spins. Rating: 4 · Review by LuckyClub.live